Jumat, 12 Oktober 2012

Meluasnya Bahasa Indonesia


Pesona bahasa Indonesia semakin meluas di luar cangkupan negeri tercinta kita ini. Dengan banyaknya warga asing yang datang ke Indonesia, dan mereka pun melihat ke elokkan dan keindahan negeri kita ini yang begitu mempesona dengan kekayaan alam yang masih asri di mata. Sehingga warga asing ingin mengenal lebih dalam kebudayaan bangsa Indonesia, salah satunya dengan mempelajari bahasa Indonesia. Menurut warga asing Bahasa Indonesia terdengar lucu dan unik sehingga merekapun tidak merasa bosan untuk mempelajarinya. 

Adakah terbesit bahwa bahasa Indonesia bisa menjadi salah satu bahasa resmi ASEAN ? ya, mungkin bisa karena ketua Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia pada tahun 2010 secara terbuka mengusulkan agar bahasa Indonesia menjadisalah satu bahasa resmi ASEAN. Setahun sebelumnya pun, delegasi DPR RI juga telah mengutarakan usul serupa. Indonesia pun secara resmi telah mengusulkan pada amademen statute ASEAN INTER Parliamentary Assembly (AIPA) agar bahasa Indonesia masuk dalam bahasa kerja AIPA.

            Bukti mengapa DPR RI dapat mengusulkan bahasa Indonesia agar dapat menjadi bahasa resmi ASEAN, selain bahasa Inggris. Di Vietnam, sejak tahun 2007 di pemerintahan daerah Ho Chi Minh City telah mengumumkan secara resmi bahwa bahasa Indonesia di sejajarkan dengan bahasa Inggris, Perancis, dan Jepang, sebagai bahasa kedua yang di prioritaskan disana.

Di Australia pun, bahasa Indonesia mulai banyak yang mempelajarinya. Disan mereka sangat antusias untuk belajar bahasa Indonesia. Ya, mungkin karena banyak orang Indonesia yang sering berbelanja ke negeri itu, maka mereka pun mencoba untuk menyesuaikan diri dengan bahasa Indonesia. Di Australian bahasa Indonesia menjadi bahasa terpopuler ke-empat disana.

Ini adalah bukti adanya ketertarikan warga asing untuk mempelajari bahasa Indonesia, silahkan di klik :
                http://www.youtube.com/watch?v=n2yQyzjKun0

Sumber :
           
                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar